pangondian blog's

ora et labora

Selasa, 26 Februari 2013

Tol Trans Sumatera Hubungkan 11 Pusat Pertumbuhan Ekonomi



Jalan Tol Trans Sumatera yang saat ini dalam tahap persiapan pelaksanaan, akan menghubungkan 11 kota pusat pertumbuhan ekonomi, yaitu dari Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang, Tanjung Pinang, Lampung, Bengkulu, dan Serang.
Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Danis H. Sumadilaga, saat ditemui wartawan kemarin (21/2).
Danis mengatakan bahwa proses persiapan yang dilakukan selama 2012-2014 antara lain pembebasan lahan dan pengkajian besaran dana dukungan pemerintah atau Viabilty Gap Funding (VGF).
“Namun kalau proses tanahnya cepat selesai, bisa segera dibangun,” tambah Danis.
Dalam MP3EI, Danis melanjutkan pemerintah telah menetapkan empat koridor utama dan tiga koridor pendukung. Keempat koridor utama adalah Lampung-Palembang (358 km), Palembang-Pekanbaru (610 km), Pekanbaru-Medan (548 km) dan Medan-Banda Aceh (460 km).
Sedangkan tiga koridor pendukung adalah jalan Palembang-Bengkulu (303 km), Pekanbaru-Padang (242 km), dan Medan-Sibolga (175 km).
”Dari keempat koridor utama, yang layak dibangun terlebih dahulu adalah ruas Lampung-Palembang dan ruas Pekanbaru Medan,” tambah Danis. (dikutip dari www.pu.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar